Latar Belakang

Prinsip-prinsip yang terkandung dalam tujuan pendidikan nasional, perlu adanya peningkatan pemahaman melalui nilai b u d a y a dan kemajemukan bangsa dengan mengembangkan kreativitas mahasiswa, baik dalam proses pembelajaran etika dan estetika, maupun dalam aktivitas pengembangan bakat, minat, dan kemampuan mahasiswa di bidang kesenian. Melalui seni diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan kepribadiannya, agar memiliki integritas yang tinggi terhadap pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional.

Salah satu wadah untuk mengimplementasikan harapan yang dicita-citakan adalah diadakan Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Daerah (Peksimida) XIV Jawa Timur tahun 2018. Kegiatan ini dijadikan wadah untuk menyalurkan bakat dan minat, serta sebagai ajang seleksi bagi para mahasiswa untuk mewakili kontingen Jawa Timur dalam kegiatan Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Nasional (Peksiminas) XIV Tahun 2018 di D.I. Yogyakarta.

Dasar Kegiatan

  1. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Undang-undang No. 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi.
  3. Peraturan Pemerintah No 66 Tahun 2010 Perubahan PP 17 Tahun 2010 tentang
    Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  4. Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 26/Dikti/Kep/1988 tentang Pola Pengembangan Kemahasiswaan.
  5. Hasil rapat Koordinasi Pengurus BPSMI Jawa Timur, tanggal 24 Mei 2018 diInstitut Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.
  6. Surat Pengurus Daerah BPSMI Jawa Timur, Nomor 014/Pengprov. BPSMI- JATIM/2018. Perihal penunjukan perguruan tinggi Universitas PGRI Ronggolawe
    Tuban sebagai penyelenggara Lomba tangkai seni Fotografi: Berwarna dan Hitam Putih dalam rangka Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Daerah (Peksimida) XIV tahun 2018.

Tujuan

  1. Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler kemahasiswaan melalui pembinaan
    minat, bakat, dan kemampuan mahasiswa, khusunya bidang seni.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan apresiasi seni di kalangan mahasiswa untuk memperkaya seni budaya bangsa Indonesia yang dapat memperkuat daya saing bangsa.
  3. Memilih 1 (satu) mahasiswa terbaik dalam tangkai seni Fotografi Berwarna dan 1(satu) mahasiswa terbaik dalam tangkai seni Fotografi Hitam Putih dari perguruan tinggi di Jawa Timur yang akan mewakili Jawa Timur dalam Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XIV tahun 2018 di D.I. Yogyakarta.
  4. Menjalin silaturahmi dan mempererat persaudaraan antarmahasiswa dari berbagai PTN dan PTS di Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *